Public Relation dan New Media

frets_on_fire_man

There are no secret. The networked market knows more than companies do about  their own products. And whether the news is good or bad, they tell everyone

from “the Cluetrain Manifesto”

Apa itu PUBLIC RELATION?

Wikipedia berkata public relation adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi

PR is not just about publicity  maksudnya adalah

PUBLIC RELATION adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberikan masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, dan mengimplement tasikan program-program tindakan yang terencana unt uk melayani kebutuhan organisasi dan atau kepentingan khalayaknya (Anggoro:2000: hal. 2)

PUBLIC RELATION  adalah Fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap public, mengidentifikasikan kebijakan dan prosedur seseorang/ sebuah perusahaan terhadap publicnya, menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan public (Khasali: 1994: Hal. 7)

Apa fungsi PR?

  • Teknisi Komunikasi (Communication Technician);
  • Penentu Ahli (expert prescriber);
  • Fasilitator Komunikasi (communication facilitator);
  • Facilitator Pemecah Masalah (Problem solver facil it at or);

Pekerjaan PR?

  • Menulis dan menyunting;
  • Menjadi penghubung media dan pemuatan;
  • Melakukan penelitian;
  • Mengatur manajemen dan administrasi;
  • Melakukan konseling;
  • Menyelenggarakan kegiatan khusus;
  • Berpidato;
  • Berproduksi;
  • Memberi pelatihan:
  • Melakukan kontak;

Kebutuhan PR dalam melakukan pekerjaannya tentunya memerlukan teknologi media komunikasi

  • Perkembangan media massa yang semakin besar sekarang ini perlu diikuti peningkatan kemampuan Public Relations (PR) sebuah perusahaan.
  • public relation mengerjakan pekerjaan mereka dengan menggunakan berbagai macam peralatan dan teknologi yang dapat membantu mereka dalam menciptakan, menyampaikan dan membawa komunikasi mereka secara efisien dan efektif atas nama klien dan perusahaan.

Tahun 1900an

Teknologi yang digunakan PR dalam melakukan tugasnya adalah sebagai berikut

–      News Release. Digunakan untuk menyampaikan berita dan informasi yang bersifat umum untuk para editor dan repoter.

–      Pitch Letter. Digunakan untuk mengulas secara lebih meluas tentang suatu keterangan tertentu. Ini biasanyadigunakan secara eksklusif kepada siapa saja yang dikirimkan

–      Press Kit. Biasanya termasuk cover surat dan news release meliputi informasi mengenai apa saja yang telah dipromosikan

Seiringan dengan betambahnya waktu, kemajuan teknologi yang semakin meningkat maka ada namanya new media…

Kita dapat mengatakan new media itu beralih dari media konvensional ke media elektronik

Penemuan internet yang telah mengubah  jalannya public relation menjadi lebih cepat

PR menjadi lebih professional dalam melakukan pekerjaannya

Teknologi yang dibangun secara lebih maju yaitu pada video, audio dan komunikasi komputer. Bentuk teknologi yang bervariasi tersebut telah memberikan para pelaksana public relation mempunyai peluang untuk meraih ribuan orang secara langsung dan lebih personal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Teknologi yang berkembang ini dapat membantu berbagai profesi yang ada, termasuk Public Relation. Salah contoh Tekonologi Moderen yang membantu kegiatan Public relation adalah Mailing List.Maling List adalah sarana diskusi secara elektronic yang berbasis elektronic mail.

Cara kerja Mailing List adalah seorang penguguna cukup mengirimkan Email kesatu alamat e-mail yang kemudian disebarkan ke semua e-mail yang tergabung dalam mailing list tersebut.

Ini salah satu keunggulan tenologi komunikasi yang menunjang aktivitas Public Relation untuk mempercepat pengiriman data dan berita.Keunggulan mailing list sebagai perkembangan teknologi sangat membantu Public Relation, karena proses Marketing dan PR dapat dilakukan teru menerus selama 24 jam sepanjang tahun.

Dengan konsistensi PR seeprti ini diharapkan image dan eksistensi perusahaan akan menjadi lebih kuat. Memasuki era tahun 1990 an penggunaan teknologi komputer semakain canggih dengan diproduksinya teknologi computer notebook yang sudah dilengkapi dengan modem dan teknologi wireless, serta akses pengiriman berita faks, foto dan video melalui internet atau via satelit, telah memudahkan dan mununjang aktifitas Public relation dalam pemamfaatan perkembangan teknologi komunikasi.

Dengan fasilitas internet seluruh aliran informasi yang disampaikan oleh Public relation dapat langsung diterima oleh masyarakat/konsumen tanpa perantara pihak ketiga dan begitu juga sebaliknya dengan fasilitas-fasilitas lainnya misalnya, Website perusahaan dimana masyarakat / konsumen dapat membaca langsung informasi yang diperlukan tanpa harus ada parantara lagi.

About Reza F Pratama

college student, admin socmed, windows-mac-android user, videophotographer, web CMS, goweser, yes i am a geek but i don't care

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: