pengaruh acara smart drive terhadap perilaku mengemudi audiensnya

 

BAGIAN I

 PENDAHULUAN

1.       Latar Belakang

“Think smart before you drive”. Itulah tag line yang diusung oleh program acara  Smart Drive di stasiun televisi Metro TV yang tayang setiap hari Rabu jam 21.30. Program ini berisi tentang beragam informasi yang berhubungan dengan perilaku dalam berlalu lintas. Tidak hanya itu, informasi dan ulasan yang lengkap tentang beragam jenis kendaraan roda empat berikut tips dan trik yang wajib diketahui oleh para pengemudi membuat program serba lengkap ini sangat mengedukasi bagi para audiensnya. Kami mengambil progam acara ini karena ingin mengetahui pengaruh acara tersebut terhadap audiensnya, terutama dalam perilaku mengemudi di jalan raya.

Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk padat dan juga padat akan kendaraan, baik kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Maka tidaklah mengherankan jika setiap tahun di jalan raya selalu saja terjadi kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa. Beragam faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Namun yang paling besar adalah karena perilaku pengemudi di jalan raya. Selain itu, sumber penyedia informasi tentang bagaimana sikap mengemudi yang sedikit jumlahnya membuat semakin sulitnya sarana edukasi bagi para pengendara. Metro TV sebagai salah satu stasiun televisi yang bergerak di bidang pengetahuan mencoba memberikan sebuah sarana informasi agar turut serta mencoba mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dengan cara mengedukasi para audiensnya. Sehingga muncullah sebuah acara bertajuk Smart Drive yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan sebuah sarana informasi tentang perilaku berkendara dan segala macam yang berhubungan dengan kendaraan itu sendiri.

 

2.       Perumusan Masalah

Seberapa besar pengaruh program acara TV Smart Drive terhadap perilaku audiencenya dalam berkendaraan di jalan raya setelah menonton acara tersebut.

 

 

 

 

3.       Maksud, Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Tujuan kami membahas acara Smart Drive ini diantaranya adalah

·         Mengetahui seberapa efektifkah pengaruh acara TV Smart Drive terhadap perilaku para audiensnya ketika mengemudi.

·         Mengetahui apakah informasi yang diberikan oleh acara ini berpengaruh positif atau negatif dalam perilaku mengemudi para audiensnya.

 

4.       Metode Penelitian

·         Metode Kualitatif

Dalam melakukan penelitian, kami menerapkan metoda kualitatif dengan wawancara atau deep interview. Kami mencari pengemudi kendaraan roda empat yang belum pernah menonton acara Smart Drive. Lalu kami merekomendasikan untuk menonton acara tersebut. Setelah itu, kami menanyakan bagaimana pendapat responden kami terhadap acara Smart Drive dan apa pengaruhnya bagi perilaku pengemudi/responden  yang kami wawancarai tersebut. Sehingga kami bisa mengetahui dampak positif atau negatif dan seberapa efektifkah pengaruh acara Smart Drive bagi para audiensnya khususnya dalam hal perilaku mengemudi di jalan raya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIAN II

PEMBAHASAN

1.       Acara Smart Drive di Metro TV

Sebagai suatu media informasi yang bersifat mendidik bagi para audiensnya, Metro TV mencoba menawarkan sebuah acara yang berisi tentang perilaku dalam berkendara dan informasi penting seputar kendaraan itu sendiri. Konten acaranya sendiri misalnya pembahasan tentang mobil-mobil yang baru diluncurkan, tentang teknologi-teknologi baru yang terdapat di sebuah mobil, perilaku mengemudi yang aman di jalan raya, tips-tips penting seputar perilaku mengemudi, sesi tanya jawab dengan menggunakan email, cara memelihara mobil, dan beragam informasi lainnya. Inilah yang menjadi sebuah acara yang komplit yang dapat mengedukasi para audiensnya jika dibandingkan acara lainnya yang biasanya hanya membicarakan tentang seputar modifikasi, tren yang ada, dan ulasan event-event otomotif.

 

2.       Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pengemudi

Untuk membuktikan pengaruh acara ini bagi audiensnya, kami mencoba mencari pengemudi kendaraan roda empat yang belum pernah menonton acara Smart Drive. Lalu kami merekomendasikan untuk menonton acara tersebut. Setelah itu, kami menanyakan bagaimana pendapat pengemudi tersebut terhadap acara Smart Drive dan apa pengaruhnya bagi perilaku mengemudi orang yang kami wawancarai tersebut.

Hasilnya sungguh menggembirakan. Mereka sangat antusias dengan adanya acara ini karena ternyata mereka banyak sekali mendapatkan informasi sekaligus juga edukasi terhadap perilaku dalam mengemudi di jalan raya. Mereka juga semakin tahu dan paham tentang masalah-masalah yang sering terjadi pada mobil dan tindakan yang harus dilakukan. “ bener-bener acara tv yang berguna banget buat pengemudi. Kita jadi tau segala macem. Jadi, kita meskipun perempuan, ngerti kalo misalnya tiba-tiba ada yang rusak atau mogok di jalan dan tindakan yang harus dilakukan”, kata Putri, 21 tahun. “gwa jadi ngerti cara nyetir yang bisa bikin irit bensin, cara make fitur-fitur canggih di mobil gwa dan perbedaan ketika nyetir di dalam dan luar kota yang aman”,pendapat Fendi, 19 tahun.

Umumnya, respon orang yang kami wawancara menanggapi acara tersebut dengan positif dan antusias. Sehingga kami dapat menyimpulkan bahwa acara ini sukses dalam mencapai tujuannya yaitu mengedukasi para audiensnya sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Kami juga berharap, di masa yang akan datang juga akan bermunculan acara-acara serupa yang juga mengedukasi audiensnya sehingga kita akan semakin pintar dan berwawasan luas.

 

3.       Analisis teori

Analisis teori yang digunakan untuk membahas fenomena komunikasi massa dalam acara ini adalah Teori Kultivasi (Cultivation theory) oleh George Gerbner. Menurut kami, acara tersebut sangatlah tepat mengingat media televisi merupakan media yang unik dengan karakternya yang bersifat pervasive, accessible, dan coherent. Dimana televisi dapat mengajak dan memberikan informasi kepada audiensnya untuk turut serta kepada isu yang diangkat oleh acara tersebut. Sehingga maksud dari isi acara tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada audiensnya. Apalagi dengan mudahnya audiens dalam mengakses acara tersebut dan isi dari acara yang memang sesuai dengan realita yang ada membuat acara ini sangat efektif dalam mempengaruhi audiensnya.

Meskipun sumber media informasi tidak hanya televisi, namun bagi beberapa audiens, televisi merupakan sumber media informasi utama bagi mereka. Informasi-informasi yang diberikan secara terus menerus membuat pesan tersebut diterima oleh audiensnya sebagai pandangan umum yang berlaku dan dianut oleh masyarakat luas. Sehingga orang yang tidak mengetahui pandangan tersebut akan merasa dirinya tidak menjadi bagian dari masyarakat.

Walaupun terdapat beragam informasi yang menjadi jurang perbedaan, namun televisi mampu membentuk penyeragaman dan juga penguatan terhadap informasi-informasi, baik yang baru muncul maupun yang telah ada sebelumnya, sehingga masyarakat akan beranggapan bahwa televisi merupakan media informasi yang paling terpercaya bagi mereka. Tak heran jika orang akan merasa tidak mengikuti perkembangan jika tidak menonton televisi.

 

 

 

 

 

 

Bagian III

KESIMPULAN

Adanya program televisi Smart Drive merupakan salah satu proses komunikasi massa dimana sebuah media elektronik dapat memberikan sebuah pengetahuan bagi audiensnya. Disini terlihat bahwa media massa memiliki efek yang langsung dapat mempengaruhi individu sebagai audiens. Proses pengaruh dari media massa tidak terjadi secara langsung, melainkan melalui hubungan komunikasi antar pribadi.  Komunikasi melalui media massa ditujukan kepada sejumlah khalayak yang besar. Teori-teori komunikasi massa memfokuskan perhatiannya pada hal-hal yang menyangkut struktur media, hubungan media dan masyarakat, hubungan antara media dan khalayak, aspek-aspek budaya dari komunikasi massa, serta dampak atau hasil komunikasi massa terhadap individu. Sehingga acara Smart Drive memiliki pengaruh yang kuat terhadap audiensnya dalam perilaku mengemudi di jalan raya.

 

 

About Reza F Pratama

college student, admin socmed, windows-mac-android user, videophotographer, web CMS, goweser, yes i am a geek but i don't care

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: